Repositori Pustaka

Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang gambut melalui publikasi dari para pakar dan ilmuwan. Seluruh publikasi yang ada di bagian ini bukan merupakan milik Pantau Gambut. Harap memberikan atribusi yang tepat kepada masing-masing penulis.

Repositori Pustaka

Indonesian Peatland Map: Method, Certainty and Uses

2014 / Indonesian Center for Agricultural Land Resources Research and Development

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan akurasi peta lahan gambut Indonesia pada skala 1:250.000 melalui overlay peta lahan gambut versi lama (Wahyunto et al. (2003, 2004, 2006) dengan data soil legacy dan data survei current soil.

Peatland Management & Rehabilitation in Southeast Asia: Moving from Conflict to Collaboration

2017 / Singapore Institute of International Affairs

Laporan ini memberikan gambaran umum secara keseluruhan serta analisis pendapat dan pendekatan saat ini terkait pengelolaan lahan gambut di Asia Tenggara.

Smoke on Water: Countering Global Threats from Peatland Loss and Degradation

2017 / United Nations Environment Programme and GRID-Arendal, Nairobi and Arendal

Smoke on Water adalah penilaian yang meneliti lokasi, luas, ancaman dan kebijakan lahan gambut untuk mengelola dan melindunginya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya lahan gambut dunia dan mendorong tindakan untuk melestarikannya.

Perkembangan Pemetaan dan Distribusi Lahan Gambut di Indonesia

Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian

Publikasi ini membahas peran strategis peta lahan gambut bagi perencanaan penggunaan lahan gambut untuk produksi dan untuk konservasi serta perencanaan penggunaan lahan di tingkat provinsi.

Pembentukan dan Karakteristik Gambut Tropika Indonesia

2015 / Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (Balittra)

Kajian ini menelaah karakteristik tanah gambut yang berbeda dengan tanah mineral sehingga membutuhkan pengelolaan secara khusus dan kehati-hatian yang tinggi untuk pertanian.