Bab 2.4 Habitat untuk perlindungan keanekaragaman hayati

Berbagai macam flora dan fauna dapat tumbuh dan tinggal di lahan gambut. Beberapa jenis flora sangat berguna bagi masyarakat sehingga perlu dibudidayakan. Sementara itu, fauna yang tinggal di lahan gambut berperan penting dalam menjaga keberlangsungan hidup ekosistem gambut lainnya.

Gambut lindungi keanekaragaman hayati. © CIFOR

Lahan gambut merupakan habitat yang baik bagi berbagai macam flora dan fauna. Berbagai jenis flora dan fauna hanya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di lahan gambut sehingga degradasi yang terjadi di lahan gambut akan berdampak pada hilangnya keanekaragaman hayati di wilayah ini.

Beberapa jenis hewan langka yang bisa kita jumpai di lahan gambut antara lain adalah buaya sinyulong, macan sumatra, beruang madu, tapir, dan sejenis angsa sayap putih.

Beberapa jenis tanaman yang bisa kita jumpai di lahan gambut antara lain pulai, jelutung, durian, getah sundi, jambuan, geronggang, kayu hitam sulawesi, dan pala. Sementara itu, tanaman yang paling banyak dijumpai di hutan gambut Kalimantan dan beberapa wilayah Sumatra adalah ramin, yaitu sejenis kayu mewah yang biasanya digunakan untuk bahan pembuatan furnitur.