Bab 3.3 Pembalakan liar di hutan gambut

Kondisi lahan gambut yang ideal terlihat dari gambut yang tetap basah sepanjang tahun. Sayangnya, pembalakan liar yang dilakukan justru membuat material karbon di lahan gambut menjadi kering dan menyebabkan ketinggian tanah berkurang. Hal inilah yang menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia dan makhluk lainnya di bumi.

Pembalakan liar sebabkan gambut menjadi kering. © WRI

Lebatnya hutan berpengaruh pada kelestarian gambut. Pada situasi yang ideal, pepohonan di hutan membuat gambut tetap basah sepanjang tahun, antara lain dengan mengurangi penguapan. Kondisi ini membuat proses pembusukan terhenti sehingga karbon tetap tersimpan di dalam tanah. 

Namun, ketika pembukaan hutan dilakukan dalam skala besar, pembalak biasanya menggali parit untuk mengalirkan potongan kayu dari hutan ke sungai. Air yang sebelumnya tersimpan di dalam gambut mengalir keluar melalui parit. 

Tanpa tutupan pohon, lahan gambut langsung terpapar cahaya matahari. Material karbon di dalam lahan gambut menjadi kering dan ketinggian tanah semakin berkurang. Oksigen yang mulai bersirkulasi mengubah karbon menjadi karbon dioksida dan terlepas ke udara sehingga mempercepat laju kenaikan suhu bumi dan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan di bumi.