Food Estate di Lahan eks PLG, Cocok atau Tidak?

07 September 2020 | Nasional
8 Sep 2020 - 14:00 – 17:00
Zoom Webinar

Youtube Pantau Gambut

https://bit.ly/RegisterFoodEstateSeri2
Oleh Pantau Gambut
DAFTAR

Usaha untuk membangun lumbung pangan telah berkali-kali dilakukan pemerintahan Indonesia lintas era. Beberapa contohnya adalah Mega Rice Project di Kalimantan Tengah pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto, tahun 1995 silam. Proyek itu kandas karena tidak dibekali kajian kecocokan lahan, jenis tanaman, dan teknik penanaman serta pengelolaannya. Lalu ada pula beberapa proyek lumbung pangan yang dikerjakan pada era Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono seperti di Ketapang dan Merauke (MIFEE), yang akhirnya hanya menyisakan sedikit sekali lahan yang aktif berproduksi.

Di era kepemimpinan Presiden Jokowi kali ini, pemerintah hendak kembali menghidupkan impian lama untuk menciptakan Food Estate di lahan bekas Mega Rice Project 1995, dengan berargumentasikan krisis pangan akibat pandemi COVID-19. Apakah pemerintah Indonesia benar-benar siap dan mampu untuk membangun dan mengawal proyek Food Estate? Bagaimana dampak lingkungan dari pengadaan proyek ini jika dilakukan di atas lahan gambut? Dan bagaimana nasib upaya restorasi lahan gambut yang berbasis lanskap jika Food Estate diwujudkan?

Simak Webinar Food Estate Seri 2: "Food Estate di Lahan eks PLG, Cocok atau Tidak??" pada Selasa, 8 September 2020 pukul 14.00-17.00 WIB, via Zoom atau siaran langsung di kanal Youtube Pantau Gambut.

Daftar di sini

 

8 Sep 2020 - 14:00 – 17:00
Zoom Webinar

Youtube Pantau Gambut

https://bit.ly/RegisterFoodEstateSeri2
Oleh Pantau Gambut
DAFTAR