Bersama memulihkan lahan gambut Indonesia

Kami mengundang seluruh lapisan masyarakat, pemerintah, perusahaan, dan organisasi masyarakat sipil untuk mendukung restorasi lahan gambut demi keberlangsungan ekonomi untuk masyarakat Indonesia dan perlindungan lingkungan.

Pantau Gambut adalah wadah atau platform daring yang menyediakan akses terhadap informasi mengenai perkembangan kegiatan dan komitmen restorasi ekosistem gambut yang dilakukan oleh segenap pemangku kepentingan di Indonesia.

Pantau Gambut juga bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan gambut dalam konteks perlindungan lingkungan hidup, pengurangan emisi, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dengan menggabungkan teknologi, data terbuka, dan jaringan masyarakat, masyarakat dapat memantau komitmen restorasi lahan gambut yang dilakukan oleh pemerintah, organisasi masyarakat sipil, serta pelaku usaha.

Melalui analisis perkembangan serta kendala realisasi komitmen pelaku restorasi, diharapkan dapat tercipta gagasan yang dapat mendukung target restorasi gambut di tingkat nasional.

Pantau Gambut digagas secara bersama-sama dalam sebuah kemitraan antar organisasi masyarakat sipil yang terus berkembang.

Dengan menggabungkan teknologi, data, dan jaringan masyarakat, Pantau Gambut mempunyai empat perangkat utama yang secara bebas dapat diakses, yaitu:

Peta Aktivitas Restorasi

Melalui peta interaktif, pembaca dapat mengetahui lokasi dan pelaku kegiatan restorasi di seluruh Indonesia.

Masuk ke Peta Restorasi

Pantau Komitmen Restorasi

Pembaca dapat mempelajari berbagai komitmen yang telah dibuat oleh pemerintah dan pelaku lainnya untuk merestorasi lahan gambut, serta perkembangan dan kendala realisasi dari masing-masing komitmen.

Masuk ke Komitmen Restorasi

Berbagi Cerita

Perangkat ini merupakan wadah yang mempertemukan pelaku restorasi dan masyarakat umum untuk saling berbagi informasi, pengalaman, observasi, dan hikmah ajar dari kegiatan restorasi yang telah dilakukan.

Masuk ke Berbagi Cerita

Pelajari 

Anda dapat mengenal asal-usul gambut lebih lanjut serta fungsinya bagi kehidupan masyarakat. Langkah-langkah restorasi lahan gambut juga dapat dibaca lebih rinci di perangkat ini.

Masuk ke Pelajari

Kenali kami lebih lanjut