Kembali ke perkembangan komitmen

Presiden Joko Widodo Berikan Perlindungan Total pada Hutan Alam, Lahan Gambut, dan Daerah Pesisir

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menerbitkan Peraturan Menteri LHK tentang Pedoman Teknis Pemulihan Ekosistem Gambut

Peraturan Menteri LHK No. 16/MENLHK/SETJEN/KUM.1/2/2017

Peraturan ini diterbitkan untuk memberikan pedoman teknis pemulihan fungsi ekosistem gambut bagi Pemerintah, Pemerintah Daerah/Provinsi, masyarakat (termasuk masyarakat hukum adat), dan penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan. Pemulihan fungsi ekosistem gambut dilakukan untuk ekosistem gambut yang mengalami kerusakan pada fungsi lindung atau fungsi budidayanya.

Kriteria ekosistem gambut dengan fungsi lindung yang perlu dipulihkan adalah apabila:

Sedangkan kriteria untuk ekosistem gambut dengan fungsi budi daya yang perlu dipulihkan adalah apabila:

Kriteria kerusakan ekosistem gambut lainnya dapat dilihat dari hasil analisis spasial yang dikonfirmasi dengan kegiatan survei lapangan.

Selain itu, Peraturan Menteri ini juga menegaskan bahwa kubah gambut dalam kawasan usaha yang masih utuh, wajib dipertahankan sebagai wilayah lindung. Apabila areal tersebut sudah menjadi area budi daya, dilarang ditanam kembali setelah dipanen—namun wajib dilakukan pemulihan.

Pemulihan kerusakan ekosistem gambut di usaha budi daya menjadi tanggung jawab pemilik usaha paling lambat 30 hari sejak diketahui ada kerusakan atau kebakaran. Pemulihan fungsi ekosistem gambut dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.

Proses pemulihan diawali dengan perbaikan rencana kerja usaha (RKU) terlebih dahulu, kemudian pembuatan dokumen. Penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan menyampaikan laporan keberhasilan sesuai target capaian dalam perencanaan pemulihan setiap 6 (enam) bulan sekali kepada Direktur Jenderal. Jika hasil penilaian dinyatakan tidak berhasil—baik seluruhnya atau sebagian, maka Direktur Jenderal dapat  memberikan peringatan, mengambil langkah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, atau menunjuk pihak lain untuk memulihkan fungsi ekosistem gambut. Beban biaya ditanggungkan kepada penanggung jawab usaha.