Laporan Tahunan I Pantau Gambut

Pantau Gambut merupakan sebuah inisiatif independen dari berbagai CSO di Indonesia yang memanfaatkan teknologi, kolaborasi data, dan jaringan masyarakat untuk memberikan informasi dan meningkatkan partisipasi publik dalam memastikan keberhasilan komitmen restorasi ekosistem gambut yang dilakukan oleh segenap pemangku kepentingan di Indonesia.

Laporan tahunan ini merangkum kegiatan-kegiatan yang dilakukan tim Pantau Gambut selama satu tahun ke belakang serta hasil analisa dan rekomendasi yang disusun oleh Pantau Gambut untuk para pemangku kepentingan utama restorasi gambut di Indonesia.

Elemen Utama


Koalisi

Dukungan dari berbagai lembaga dan komunitas ternama memperkuat strategi dan posisi dalam mewakili suara rakyat

Data & informasi

Kelengkapan dan keakuratan data dan informasi menjadi pondasi dasar analisa yang komprehensif dan tepat sasaran untuk pengambilan keputusan yang lebih baik

Wadah bersama

Wadah online dan offline memfasilitasi koalisi beserta masyarakat untuk berkontribusi kapan pun dan di mana pun

Semangat Pantau Gambut


Pantau Gambut berusaha menyajikan dan memberdayakan pemantauan independen berbasis masyarakat terhadap kemajuan restorasi lahan gambut di Indonesia, seraya mempromosikan upaya pengelolaan lahan gambut yang berkelanjutan untuk mengurangi emisi karbon dari gambut dan mencegah deforestasi.

Koalisi Pantau Gambut


Deskripsi: Pantau Gambut digagas secara bersama-sama dalam sebuah kemitraan yang terus berkembang antar organisasi masyarakat sipil. Sejak Januari 2017 hingga Februari 2018, 19 CSO telah bergabung dalam koalisi Pantau Gambut.

Peran-peran yang tebagi dalam koalisi Pantau Gambut meliputi:

  • Pengumpulan & penyebaran informasi
  • Analisa Data & Informasi
  • Pendampingan masyarakat
  • Verifikasi implementasi restorasi
  • Verifikasi komitmen
  • Advokasi

Dokumen lainnya:

Nilai-nilai bersama kemitraan platform pantau gambut (0.9MB)
Unduh

Sekilas Perkembangan Jaringan Pantau Gambut


Awal tahun 2017
Lima Simpul Jaringan Nasional terjalin dari suatu pertemuan untuk membahas urgensi dan tujuan pembentukan Pantau Gambut. Hal ini ditindaklanjuti dengan mengajak CSO-CSO di 7 provinsi prioritas gambut untuk bergabung dalam koalisi Pantau Gambut.

Mei 2017
Sembilan belas CSO berkolaborasi dalam menyelenggarakan pertemuan nasional untuk menyusun arah gerak dan rencana aksi Pantau Gambut 2017-2018.

Mei 2017 - Desember 2017
Simpul Jaringan Daerah melakukan audiensi dengan berbagai pihak, baik di pemerintahan dan diluar pemerintahan, serta mengadakan pelatihan jurnalisme warga untuk menjaring 38 relawan pantau.

Desember 2017
Rembuk Nasional kedua diselenggarakan untuk menajamkan rencana aksi 2018 dengan menyesuaikan dengan isu-isu prioritas di daerah masing-masing simpul jaringan di 7 provinsi. Dari bulan ini telah dilakukan pemantauan langsung di lapangan untuk memperkuat analisa kemajuan komitmen restorasi.

Analisa Dua Tahun Restorasi Gambut


Status Kemajuan Komitmen
Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk merestorasi gambut sebagai upaya mencegah terulangnya kebakaran hutan dan lahan pada akhir 2015. Selama 2 tahun terakhir, pemerintah, bersama berbagai pihak, telah berupaya menindaklanjuti komitmen tersebut. Sepanjang tahun 2017, Pantau Gambut mencatat beberapa momentum utama dari upaya komitmen tersebut menjadi langkah nyata untuk restorasi.

  • Luasan area yang telah direstorasi
  • Pemetaan Gambut dengan Teknologi LiDAR
  • Peninjauan Izin di Atas Lahan Gambut
  • Penegakkan Aturan Larangan Pembukaan Lahan Gambut
  • Pembatalan Permen LHK No. 17/2017 tentang Pembangunan HTI

Analisa Komitmen Berdasarkan Pemantauan Lapangan
Pantau Gambut, melalui Simpul-Simpul Jaringan di 7 provinsi yang menjadi prioritas restorasi gambut, melakukan pemantauan lapangan terhadap realisasi komitmen pemerintah dan pihak-pihak terkait. Beberapa hal dalam aspek teknis, ekonomi, sosial, dan budaya menjadi catatan yang perlu mendapat perhatian. Pantau Gambut berharap catatan-catatan ini akan menjadi faktor pertimbangan ke depan dalam mewujudkan restorasi gambut nasional ke depan.

  1. Perlunya peningkatan pemahaman dan pembangunan kapasitas masyarakat
  2. Penguatan koordinasi pusat dan daerah
  3. Perlunya transparansi data restorasi gambut
  4. Penguatan supervisi aktivitas restorasi gambut oleh perusahaan
  5. Asimilasi pengetahuan lokal dalam metode pengelolaan gambut yang berkelanjutan

Dokumen terkait:

Evaluasi 2 Tahun Restorasi Gambut (2.3MB)
Unduh

Video Kampanye


Kampanye di Media Sosial


Untuk dapat mengajak masyarakat berpartisipasi dalam mengawasi komitmen, kami menyadari keperluan untuk memperkenalkan dasar-dasar tentang gambut kepada masyarakat kota, khususnya anak muda yang merupakan pemimpin Indonesia di masa depan.

Kami memperkenalkan isu gambut melalui media sosial yang populer di kalangan anak muda perkotaan, yaitu Instagram. Konten dibuat agar isu gambut menjadi relevan dan dekat dengan kehidupan masyarakat

Social Media Analytics


Liputan Media


Setelah perkenalan Pantau Gambut di bulan Juni tahun 2017, kami mendapatkan liputan media di beberapa media tier-1 di tingkat nasional dan kawasan ASEAN.

Tonggak Perkembangan Pantau Gambut

Rembuk Nasional & Daerah


Menghasilkan 6 tujuan besar beserta aktivitas-aktivitas yang diperlukan. Keenam tujuan tersebut yaitu:

  • Memantau perkembangan dan “menagih” komitmen pemerintah
  • Menjadi wadah edukasi publik, terutama masyarakat di sekitar wilayah restorasi
  • Menyediakan bahan untuk advokasi (kebijakan dan praktek) termasuk dalam bentuk tuntutan hukum
  • Mempromosikan upaya-upaya restorasi oleh masyarakat dan CSO dan percepatan pengakuan hak kelola rakyat, juga mengadopsi kearifan lokal
  • Media sharing, pembelajaran, rujukan dan konsolidasi
  • Membangun kekayaan data informasi dan pengetahuan tentang gambut

Pelatihan Jurnalisme Rakyat


Kami menjangkau relawan-relawan untuk memantau langsung perkembangan restorasi gambut di daerah masing-masing. Para relawan dibekali dengan pelatihan jurnalisme rakyat untuk menghasilkan pemantauan yang kredibel.


  1. Pelatihan 16 jurnalis rakyat di Palembang bersama dengan WALHI Sum-Sel
  2. Pelatihan 22 jurnalis rakyat di Palangka Raya bersama dengan WALHI Kal-Teng

Perkenalan Platform Pantaugambut.id



  1. Acara perkenalan platform Pantaugambut.id dihadiri oleh perwakilan LSM, media, Badan Restorasi Gambut, dan masyarakat penggiat lingkungan.
  2. Sesi talkshow bersama para pakar gambut di Indonesia. (ki-ka): Zulfikar Mardiyadi (Dosen dari Universitas Papua), Almo Pradana (WRI Indonesia), Nadia Hadad (Yayasan Madani Berkelanjutan).
  3. Zulfikar Mardiyadi memaparkan tentang pentingnya perlindungan gambut bagi lingkungan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
  4. Acara perkenalan Pantau Gambut ditutup dengan penampilan stand-up comedy Arie Kriting.
Kembali
ke atas
1/14