Kebijakan privasi dan kesepakatan pengguna

Kebijakan Privasi ini bertujuan untuk membantu Anda memahami syarat dan ketentuan penggunaan situs Pantau Gambut, data yang kami kumpulkan, alasan kami mengumpulkannya, dan yang kami lakukan dengan data.

Pantau Gambut

Pantau Gambut adalah platform daring yang menyediakan akses terhadap informasi mengenai perkembangan kegiatan dan komitmen restorasi ekosistem gambut yang dilakukan oleh segenap pemangku kepentingan di Indonesia.

Pantau Gambut bertujuan untuk mengawal perkembangan komitmen pemerintah, pelaku usaha, dan organisasi masyarakat sipil dalam upaya restorasi gambut. Melalui analisis perkembangan dan kendala realisasi komitmen pelaku restorasi, diharapkan dapat tercipta gagasan yang mampu mendukung target restorasi gambut di tingkat nasional.

Pantau Gambut digagas bersama-sama dalam sebuah kemitraan antar organisasi masyarakat sipil yang terus berkembang.

Syarat dan Ketentuan

Sebagai pengguna situs pantaugambut.id, Anda menerima dan menyetujui seluruh kebijakan, serta mematuhi seluruh syarat dan ketentuan berikut:

  • Anda tidak perlu memberitahukan identitas Anda saat mengunjungi situs pantaugambut.id. Namun, kami berhak meminta informasi pribadi Anda jika sebelumnya Anda pernah mendaftarkan diri atau berpartisipasi dalam kegiatan yang kami selenggarakan.
  • Segala informasi yang masuk dan dipublikasikan di situs pantaugambut.id adalah benar dan akurat.
  • Penggunaan situs pantaugambut.id tidak melanggar hukum dan aturan yang berlaku.
  • Penggunaan situs pantaugambut.id ditujukan untuk kepentingan nonkomersial tanpa menghapus atau mengubah hak cipta, merek dagang, dan status kepemilikan lainnya. 
  • Penggunaan konten dalam situs ini harus dilakukan atas persetujuan dari pihak Pantau Gambut dan dengan menyertakan link pantaugambut.id.
  • Anda berhak meminta koreksi atas informasi yang tidak akurat terkait dengan Anda.

Persetujuan Termaklum

Dalam hal ini, pihak yang diambil foto, video, dan dimintai informasinya mengetahui bahwa hal-hal tersebut akan ditampilkan di situs pantaugambut.id. Melalui persetujuan ini, kami menghormati privasi pihak terkait dan memastikan bahwa pihak tersebut memahami tujuan dan penggunaan foto, video, maupun informasi yang dijadikan konten di dalam platform Pantau Gambut. 

Seluruh keterangan yang diberikan oleh pihak tersebut dapat disebarluaskan melalui media sosial maupun media massa terkait Pantau Gambut. Oleh sebab itu, pihak terkait diharapkan mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi sebelum memberikan informasi dan kebersediaan untuk diambil foto dan videonya. Akan tetapi, pihak Pantau Gambut akan berupaya untuk mempertimbangkan dan memastikan bahwa pengambilan dan penyebarluasan konten berdasarkan foto, video, dan keterangan yang diambil tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Persetujuan Lisan

Sebelum mengambil foto, video, dan informasi yang nantinya akan dijadikan konten dalam situs pantaugambut.id, seluruh pihak individu maupun organisasi terkait Pantau Gambut harus memperoleh persetujuan lisan dari narasumber terkait. Kecuali, jika pengambilan foto dilakukan pada acara massal tanpa tertuju pada satu individu.

Untuk memperoleh persetujuan lisan, individu maupun organisasi terkait Pantau Gambut harus memperkenalkan diri dengan sopan dan menjelaskan kepada narasumber mengenai tujuan pengambilan foto, video, maupun informasi yang nantinya dipublikasikan.

Jika dalam prosesnya pihak narasumber tidak memberikan persetujuan maupun penolakan, individu maupun organisasi terkait Pantau Gambut sebaiknya tidak melakukan pengambilan foto, video, maupun informasi.

Persetujuan Tertulis

Saat pengambilan foto, video, dan informasi lainnya dilakukan, individu maupun organisasi terkait Pantau Gambut perlu mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut.

  1. Apakah foto, video, atau informasi ini menyinggung SARA?
  2. Apakah foto, video, atau informasi ini dapat mendatangkan risiko dan permasalahan di kemudian hari?
  3. Apakah foto, video, atau informasi ini merupakan sesuatu yang pribadi?

Jika jawaban satu di antara tiga pertanyaan di atas adalah YA, maka individu maupun organisasi terkait Pantau Gambut sebaiknya mempertimbangkan kepentingan narasumber yang bersangkutan dan meminta pihak tersebut untuk memberi persetujuan tertulis.

Disclaimer

Informasi yang terdapat di dalam situs pantaugambut.id bertujuan untuk memberikan informasi secara aman dan akurat. Namun, situs ini tidak mencerminkan pandangan atau kebijakan atas instansi tertentu sehingga kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul dari penggunaan situs ini.